Ernesto Valverde diyakini tak akan selamat dari pemecatan sesudah kegagalan Barcelona di Liga Champions. Barca dikabarkan telah menyiapkan pilihan suksesornya.

Barca buang keunggulan 3-0 di semifinal leg pertama untuk tersingkir sesudah ditumbangkan Liverpool 0-4 (agregat 3-4) di leg kedua. Hasil ini seperti mengulang kekalahan di musim sebelumnya saat Blaugrana didepak AS Roma di delapan besar sekalipun telah menang 4-1 di leg pertama.

Walau gagal di Eropa, Barcelona masih dapat mengantongi dua trofi di akhir musim 2018/19 sesudah mengunci gelar pemenang LaLiga dan lolos ke final Copa del Rey. Tetapi, posisi Valverde sebagai pelatih Barca dalam ancaman pencopotan serius.

Marca menyebut, masa depan Valverde sekarang diragukan. Sedangkan, si pelatih masih memiliki sisa kontrak sampai 2020.

Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu sedang merumuskan nama-nama pelatih yang berpotensi menggantikan Valverde. Bos Ajax Erik ten Hag diyakini menjadi pilihan pertama sesudah berhasil mengoptimalkan pemain-pemain mudanya untuk menempuh semifinal Liga Champions.

Ten Hag memungkinkan untuk mempermudah adaptasi Frenkie de Jong, yang akan bergabung dari Ajax di musim panas.

Laurent Blanc, juga dipercaya sedang dalam pertimbangan Barcelona. Blanc belum melatih lagi sesudah meninggalkan Paris St. Germain di 2016, dan memiliki pengalaman untuk menangani pemain-pemain berlabel bintang.

Daftar hal yang demikian dilengkapi oleh pelatih Real Betis Quique Setien, berdasarkan laporan Fox Sports. Entrenador berusia 60 tahun itu berhasil mendampingi Betis ke Liga Europa pada musim lalu.